Media Promosi Produk Dan Usaha

Media Promosi Produk Dan Usaha

Media Promosi Produk Dan Usaha

Pemasaran atau promosi seharusnya lebih dari sekedar beriklan. Pemasaran atau promosi harus benar-benar dapat menghasilkan pendapatan atas produk yang kita jual atau usaha yang kita jalankan. Dengan memahami beberapa cara untuk mempromosikan produk atau usaha anda. Tentu akan dapat membantu anda untuk membuat pilihan promosi yang tepat bagi usaha anda. Berikut ini ulasan dan cara serta media promosi produk dan usaha untuk mempromosikan produk dan usaha anda.

Baca Juga : [Blog] Amankah Menggunakan Paypal.

Promosi Melalui Media Cetak Dan Desain Grafis

Tergantung pesan apa yang ingin anda sampaikan ke customer anda. Media cetak menawarkan berbagai pilihan, misalnya brosur, poster, kemasan produk, kartu nama, hingga iklan berbayar di surat kabar atau majalah. Membuat brosur dan poster adalah cara hemat untuk anda memberikan informasi mengenai produk yang anda jual, atau usaha yang anda jalankan. Bahkan dengan menguasai sedikit teknik desain grafis, kemasan dari produk yang anda jual juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan keunggulan produk anda langsung kepada konsumen anda. Kartu nama juga sesuatu yang efektif untuk mendukung aktifitas anda, serta memberikan informasi kepada pelanggan bagaimana cara untuk menghubungi anda.

Baca Juga : [Kuliner] Undang Turis Dan Ekspatriat Untuk Datang Ke Kafe Anda.

Beriklan di majalah berarti anda dapat beriklan langsung kepada pelanggan spesifik anda. Jika anda menjalankan usaha kafe atau restoran misalnya tentu saja anda harus beriklan di majalah yang khusus selalu membahas makanan atau minuman, jangan majalah otomotif ya, hehehehh. Sebaliknya jika anda menjual produk-produk otomotif sudah pasti anda harus beriklan di majalah otomotif.

Promosi Melalui Media Elektronik

Yang dimaksud dengan media elektronik disini adalah semua media yang membutuhkan perangkat elektronik agar kontennya dapat diakses. Bukan hanya televisi dan radio, internet bahkan handphone juga masuk dalam media elektronik yang bisa kita manfaatkan untuk berpromosi.

Beriklan di TV memang memberikan banyak kelebihan karena iklan dapat ditangkap secara lengkap, baik visual maupun audionya. Kelebihan utama iklan di tv adalah penetrasi langsung ke audiens di rumah. Lihat saja, sampai dengan saat ini iklan di tv seperti tidak ada matinya, selalu ada. Tapi untuk usaha skala kecil beriklan di TV jelas bukan hal yang disarankan, kenapa ? selain mahal, iklan yang ditayangkan juga terbatas pada waktu yang dibutuhkan. Yang biasanya hanya berdurasi beberapa detik atau beberapa menit saja. Biaya beriklan di TV dipatok berbeda-beda berdasarkan rating stasiun tv tersebut dan waktu penayangannya.

Sementara beriklan di internet dapat menawarkan cara yang berbeda untuk mempromosikan produk. Beriklan di internet lebih murah dari segi biaya namun dengan cakupan yang sangat luas. Promosi anda bisa di akses kapanpun dalam waktu yang lama selama konten anda masih ada. Bahkan iklan anda juga dapat diakses oleh orang dari belahan negara lain yang memiliki akses internet.

Selain itu promosi melalui internet bukan lagi hal yang statis hanya pada visual. Sekarang melalui chanel video youtube misalnya anda bisa promosi baik secara visual dan audio. Memungkinkan anda melakukan demo terhadap produk anda.

Promosi Dengan Memanfaatkan Media Promosi Lainnya

Selain berpromosi menggunakan media seperti diatas anda juga dapat berpromosi secara langsug terhadap customer anda. Memberikan hadiah seperti puplen, gantungan kunci, dan kalender, dapat anda lakukan kepada pelanggan anda secara pribadi untuk membantu menciptakan opini positif tentang usaha anda dan meningkatkan reputasi.

Selain itu terlibat dalam jaringan dan komunitas juga dapat membantu promosi bisnis anda. Anda dapat bertemu dengan pelanggan baru saat anda terlibat dalam suatu komunitas. Selain itu dengan mengikuti atau berpartisipasi dalam pameran dagang, bazaar, konferensi dan acara lainnya. Sehingga anda dapat berbicara kepada orang mengenalkan bisnis anda dapat pula menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau usaha anda.

Dengan merencanakan terlebih dahulu strategi pemasaran, akan membantu anda menentukan cara terbaik untuk mempromosikan produk atau usaha anda. Dan memungkinkan anda untuk mengukur keberhasilan terhadap tujuan promosi yang anda tetapkan.

Beri Komentar