Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia 2019

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia 2019

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Belum lama ini raksasa internet dunia Google bersama dengan Temasek, dan Bain Company merilis laporan tentang Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia dan negara di kawasan asia tenggara. Yang membanggakan adalah bahwa Indonesia adalah yang paling pesat pertumbuhannya juga yang paling besar nilai ekonominya.

Pada laporan tahun ini, ekonomi digital di Indonesia mencapai US$ 40 miliar atau growth positif lima kali lipat dari angka pada tahun 2015 yang mencapai US$ 8 miliar. Lalu pada tahun 2025, ekonomi digital di Indonesia diperkirakan dapat mencapai US$ 133 miliar atau kembali meningkat lebih dari 3 kali lipat dari nilai saat ini.

Jujur saja saya tidak mau berlama-lama dengan hitung-hitungan di atas. Yang ingin saya lakukan adalah bagaimana untuk terlibat sebagai pihak yang bisa ikut menumbuhkan angka pertumbuhan tersebut. Yang saya ingin lakukan saat ini adalah segera membuat check list mengenai kegiatan usaha saya saat ini. Supaya usaha saya bisa “kecipratan” angka US$ 133 miliar tersebut, entah dapat berapa persennya.

Langkah apa yang perlu kita ambil

Bukan berarti saya tidak mau menganalisa report tersebut. Cuma saya tidak mau kebanyakan mikir hingga akhinya tidak ada action yang saya jalankan. Saya mau langsung action sambil melakukan analisa terhadap laporan tersebut. Lalu mengambil langkah apa berikutnya nanti.

Jika saat ini saya menjual produk secara offline maka saya juga akan membuka toko online baik melalui toko online sendiri atau listing produk jualan saya di e-commerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, JD.ID dan e-commerce lainnya.

Jika saat ini saya juga menjual makanan, cathering atau usaha makanan sejenisnya. Maka saya harus segera melakukan evaluasi mengenai standar produk makanan saya. Mulai dari pembuatan, pengepakan atau packaging, menempatkan label informasi nilai gizi, label halal. Dan standar lainnya hingga produk saya bisa naik kelas dan bukan produk ecek-ecek.

Promosi juga hal paling penting dengan naiknya nilai ekonomi digital di Indonesia. Itu berarti juga ada pergeseran cara orang melakukan promosi. Saya akan lebih gencar memanfaatkan media promosi di internet untuk mempromosikan produk saya, Banyak website atau media lainnya yang bisa kita gunakan untuk promosi di internet baik yang berbayar maupun gratis.

Salah satu yang gratis adalah Blog atau website yang sedang anda kunjungi ini. Ya anda bisa mempromosikan produk anda di blog revyou.id secara gratis. Silahkan kunjungi halaman tentang kami untuk mempelajari bagaimana promosi disini.

Proyeksi pertumbuhan tahun 2025

Balik lagi ke laporan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia tersebut, kita memang harus dengan cermat menganalisa laporan tersebut. Misalnya pada sektor apa ekonomi tersebut yang pertumbuhannya secara nilai paling besar. Lalu sektor apa yang “kue”nya paling besar.

Lalu secara bijak juga mencerna hambatan-hambatan mengenai bisnis atau usaha. Karena di balik angka proyeksi ekonomi digital yang mencapai angka US$ 133 miliar tersebut tidak semuanya cerita manis. Ada hal-hal yang berupa hambatan atau tantangan pastinya.

Laporan google tersebut memang bukan hanya soal jualan online. Banyak faktor atau komponen ekonomi lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk menyongsong pertumbuhan pada tahun 2025 nanti.


Baca Juga :

 

Beri Komentar