Perlukah Menginstall Plugin Jetpack Di Website WordPress?

Perlukah Menginstall Plugin Jetpack Di Website WordPress?

Perlukah Menginstall Plugin Jetpack. Jika anda membangun sebuah website berbasis wordpress. Tawaran pertama yang mungkin anda dapatkan adalah untuk menginstalasi plugin jetpack (Plus Akismet anti spam). Pada artikel ini kami akan mengulas lebih detail mengenai Plugin Jetpack. Apa fungsinya? siapa pembuatnya? Dan bagaimana pengaruhnya nanti pada website wordpress anda.

Apa itu plugin jetpack

Jetpack memang plugin yang sangat populer. Plugin jetpack sepertinya sudah menjadi hal yang esensial dan harus di pasang pada website wordpress. Tapi pertanyaannya Perlukah Menginstall Plugin Jetpack tersebut? Apakah menginstal jetpack akan memberikan keuntungan? atau sebaiknya justru tidak memberikan hal apapun bagi website anda?

Baca juga :

Setelah anda menginstall wordpress dan website anda mulai live atau mungkin masih dalam tahap kustomisasi. Yang pasti anda inginkan dari website anda adalah kemampuan website untuk bisa berfungsi lebih banyak. Selain juga tentu saja kemampuannya yang lebih dalam hal performa.

Kemampuan-kemampuan tersebut dapat kita dapatkan dengan memasang plugin. Disamping tentu kita bisa memodifikasinya melalui coding. Ada banyak plugin popular yang dapat meningkatkan kemampuan website anda. Baik plugin gratis atau berbayar. Dan jetpack adalah salah satunya.

Disamping fitur berbayarnya. Jetpack juga menawarkan fitur gratis dan anda akan mendapatkan beragam kemampuan premium. Jetpack di buat oleh Automatic, Inc. Yaitu perusahaan di belakang WordPress.com. Meskipun berbeda antara wordpress.com dan wordpress.org. Tentu saja mereka “bersaudara”, dan ini yang membuat jetpack sangat kompatible dengan beragam tema website wordpress atau dengan “self wordpress” hosting anda.

WordPress.com adalah layanan hosting web yang menawarkan versi WordPress yang dalam beberapa aspek sudah di kustomisasi untuk memudahkan anda dalam membangun sebuah blog. Beberapa fitur yang tidak ada pada WordPress.org, seperti plugin, tema, dan lainya. Meskipun menurut kami wordpress.org tentu saja lebih fleksibel bagi kita jika ingin membangun blog atau website

Optimasi Website WordPress Dengan Jetpack

Installasi Jetpack dan fitur yang aktif secara default

Setelah anda menginstall jetpack, anda dapat melihat statistik mengenai website anda langsung pada dashboard wordpress anda. Anda dapat melihat berapa kali website anda tayang dan dikunjungi oleh pengguna. Komen dari pengguna. Termasuk komen spam yang di blokir dan “Serangan-serangan” DDOS pada website anda di alam dunia maya.

Setelah melakukan instalasi beberapa fitur akan aktif secara default (anda tetap bisa memilih mana yang ingin di non-aktifkan atau tetap anda aktifkan), diantaranya :

Jetpack Contact FormContact Form — Contact form yang bisa anda tambahkan melalui post editor. Lihat gambar diatas.

Enhanced Distribution — Dengan fitur ini konten anda akan otomatis juga diupload di WordPress.com “firehose” atau layanan konten publik wordpress. Memungkinkan artikel post anda dapat di akses melalui wordpress firehouse sesaat setelah anda mengupload artikel post anda.

JSON API — JSON API service akan memberikan ijin secara aman untuk aplikasi atau layanan untuk terhubung dengan website atau blog anda. Dan mengijinkan juga untuk menggunakan layanan anda atau sebaliknya menawarkan suatu layanan untuk anda gunakan pada website anda.

Notifications — Memungkinkan anda menerima notifikasi pada admin bar jika ada komen baru atau jika ada pengunjung yang menyukai artikel posting anda.

Plugin Updates — Anda dapat mengatur plugin untuk bisa mengupdate secara otomatis jika terdapat kiriman update terbaru dari masing-masing plugin tersebut.

Protect — Melindungi website anda dari serangan-serangan di dunia maya seperti DDOS.

Site Stats — Anda bisa melihat statistik website anda secara real time, Berapa jumlah pengunjung dan halaman apa yang di kunjungi.

Subscriptions — Memungkinkan pengunjung website anda untuk menerima notifikasi setiap kali anda menerbitkan artikel/post atau komen.

Add-On Dan Ekstensi Lainnya

Sementara jetpack juga menawarkan add-on yang sewaktu-waktu jika anda membutuhkannya bisa anda aktifkan. Penjelasan kami dari fitur-fitur berikut supaya lebih membantu anda untuk menentukan Perlukah Menginstall Plugin Jetpack.

Ads — Ads adalah layanan iklan dari jetpack atau lebih dikenal dengan WordAds. Memungkinkan website anda menampilkan iklan dan anda tentu saja mendapatkan komisi dari setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.

Beautiful Math — Dengan menggunakan LaTeX markup language, memungkinkan anda untuk membuat tulisan seperti rumus matematika yang biasanya hanya bisa di tulis di atas kertas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :Jetpack LatexBagi situs yang fokus pada dunia pendidikan atau sains, tentu fitur ini adalah fitur yang sangat berguna.

Carousel — Sesuai namanya memungkinkan anda untuk membuat posting atau gambar di tampilkan secara karousel atau mirip-mirip dengan slider lengkap dengan komen dan EXIF metadata.Jetpack Carousel

Comments — Mengganti komen form default tema wordpress anda dengan komen form yang sudah di improvisasi dan terintegrasi dengan fungsi login dari social media.

Comment Likes — Pengunjung website anda bisa saling memberikan “like” pada komen dari pengunjung yang lain.

Custom CSS — Editor CSS untuk anda memberikan sentuhan kustomisasi langsung pada tema wordpress anda menggunakan kode-kode CSS.

Custom Content Types — Fitur untuk menambahkan tipe kustom post di website anda (Portfolio).

Extra Sidebar Widgets — Tambahan widget yang bisa di tambahkan pada area widget website anda, misalnya link RSS, Twitter Timeline, Facebook Like Box, Google maps dan lainnya.

Gravatar Hovercards — Menampilkan Profil Gravatar. (Anda perlu membuat akun pada gravatar).

Google Analytics — Menampilkan statistik record google analitik website WordPress anda langsung dari dashboard.

Infinite Scroll — Infinite scroll akan menampilkan isi lanjutan dari halaman saat user mulai membuka area pada halaman website anda.

Lazy Images — Lazy Images memungkinkan anda untuk sementara menyembunyikan gambar anda saat tidak di akses oleh pengunjung. Dan baru akan menampilkannya saat user mulai mengakses area tersebut pada halaman website anda.

Baca Juga :

Likes — User dapat memberikan “Like” pada artikel posting anda.

Markdown — memungkinkan anda membuat link, list dan gaya penulisan lainnya langsung pada editor post dan komen dengan menggunakan tanda baca atau  regular karakter. Markdown biasanya digunakan para penulis blog yang menginginkan gaya penulisan yang berbeda. Dengan cara yang cepat dan mudah tanpa harus mengakses fungsi tersebut menggunakan mouse.

Mobile Theme — Mentransformasikan tampilan website anda dalam versi mobil menggunakan tema mobile dari jetpack. User akan mendapatkan pilihan apakah akan melihat web anda menggunakan mobile version atau mobile version dari tema yang anda gunakan.Jetpack mobile menu

Monitor — memberikan anda notifikasi saat website anda down, bisa jadi down dari sisi hosting provider anda atau down karena rusaknya file-file website anda.

Photon — Layanan CDN gambar yang memungkinkan gambar pada website anda di tampilkan dari server CDN jetpack.

Post by Email — Anda dapat membuat post langsung dari email client anda.

Proofreading — Cek penulisan, pengejaan, grammar sebelum artikel post anda di publikasikan.

Publicize — Share artikel post baru anda secara otomatis ke layanan-layanan media sosial. Atau share berdasarkan schedule.

Recurring Payments — Membuat tombol yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran, dengan menggunakan layanan payment gateway stripe.

Related Posts — Menampilkan artikel-artikel post terkait pada halaman posting artikel anda. Akan menampilkan artikel lainnya dari kategori post yang sama.Jetpack Artikel Terkait

 

Jetpack menawarkan all in one website maintenance

Security Scanning —Anti-virus, malware, dan deteksi ancaman dan memberikan resolusinya.

Search — Fitur kolom pencarian, yang bisa di gunakan untuk menggantikan fitur pencarian bawaan tema website anda.

SEO Tools — Fitur SEO atau Search Engine Optimization. Memungkinkan anda mengoptimisasi website anda secara keseluruhan atau artikel posting anda.

Sharing — Menambahkan tombol sharing pada halaman blog post. Memudahkan pengunjung atau pembaca untuk me-share artikel post anda.

Shortcode Embeds — Menampilkan video dari YouTube, tweets Twitter, dan media social lainnya.

Single Sign On — Anda dan pengunjung website anda dapat melakukan login atau registrasi menggunakan akun WordPress.com hanya dengan satu klik.

Site Backups —Backup otomatis keseluruhan website anda.

Site Verification — Verifikasi website anda pada layanan search console seperti Google, Bing dan Pinterest.

Sitemaps — Me-generate list sitemap halaman website anda untuk bisa di upload pada layanan search console mesin pencari.

Spam Filtering — Secara otomatis memfilter komen spam, review produk, atau form submission pada sesi komen.

Tiled Galleries — membuat halaman galeri yang interaktif dengan menampilkan tiga style berbeda: 1. mosaic rectangular, 2. mosaic square, dan 3. grid circular.

VideoPress — Upload video menggunakan layanan hosting WordPress.com.

WP.me Shortlinks — membuat short link untuk konten yang ingin di share menggunakan layanan domain wp.me.

jetpack shortlink classic

Widget Visibility — mengkonfigurasi widget untuk di tampilkan hanya pada halaman tertentu.

WordPress.com Toolbar —WordPress.com Toolbar menggantikan default admin bar yang sudah ada dan membuat link bagi pengguna untuk mengakses ke halaman profil WordPress.com dan notifikasi.

Pasang plugin, add-on atau ekstensi yang esensial dan benar-benar anda perlukan

Website memang hal yang universal namun unik. Tergantung tujuan dari blog atau website anda. Beberapa fitur mungkin memang anda butuhkan. Tapi mungkin sisanya tidak anda butuhkan. Atau dari plugin yang berbeda mungkin memiliki fungsi yang sama. Anda musti jeli untuk hanya mengaktifkan dari salah satu plugin saja, untuk menghindari error karena konlik flugin.

Kini tinggal anda menilai Perlukah Menginstall Plugin Jetpack? Silahkan anda tentukan sendiri pertanyaan diatas setelah anda membaca fitur-fitur jetpack yang sudah kami ulas diatas.

Menginstall dan mengaktifkan secara keseluruhan fiturnya? Atau mengaktifkan hanya beberapa add-on yang menurut anda penting untuk di gunakan pada website atau blog anda.


Tahukah anda :

Blog Revyou.id adalah blog promosi gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan produk dan usaha anda. Gratis promosi produk dan usaha untuk kategori usaha kecil (UMKM, UKM, Koperasi, Usaha Rumahan). Pelajari lebih lanjut bagaimana berpromosi di blog ini.

Beri Komentar