Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Belum lama ini terdengar kabar baik dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Dimana Indonesia terpilih menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal tersebut juga terkonfirmasi pada situs resmi FIFA. Meskipun Indonesia memiliki waktu untuk melakukan pembenahan terhadap stadion-stadion sepak bola yang akan di ajukan sebagai tempat pertandingan. Dan FIFA masih akan melakukan inspeksi pada tahun depan.

Membuka peluang usaha industri lokal

Ini juga berarti kabar baik bukan hanya bagi PSSI dan dunia olahraga nasional. Tapi juga bagi industri pariwisata dan bisnis lokal. Turmamen FIFA U20 memang tidak segemerlap turnamen FIFA world cup senior. Di mana puluhan ribu orang dipastikan akan datang mendukung timnasnya masing-masing.

Baca Juga :

Meskipun demikian ini tetap kesempatan dan peluang bisnis bagi industri lokal. Terutama bagi usaha yang lokasinya berdekatan dengan stadion yang akan digunakan nantinya. Kabar baiknya lagi beberapa stadion yang akan menggelar pertandingan memang sudah berlokasi di pinggir kota jakarta.

Selain stadion gelora bung karno, beberapa stadion yang akan di gunakan untuk menggelar pertandingan memang berada di kawasan pinggiran penunjang ibukota . Misalnya, Stadion pakan sari yang berlokasi di daerah keradenan, Bogor. Dan stadion wibawa mukti yang berada di cikarang, Bekasi.

Stadion lainnya yang mungkin akan di gunakan adalah stadion Jalak Harupat di Bandung, Gelora Sriwijaya di Palembang, Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Kapt. I Wayan Dipta di bali, dan beberapa stadion lainnya yang diproyeksikan untuk menggelar pertandingan.

Tentunya kesempatan ini bisa digunakan untuk industri atau usaha lokal kreatif. Berbagai pernak-pernik, jersey, makanan, minuman dan tempat nongkrong atau kafe bisa di siapkan untuk membuka kesempatan usaha dibalik turnamen yang akan di gelar tersebut.

Beberapa event besar olah raga akan di gelar sampai 2021

Dengan kepastian bahwa Indonesia akan menggelar piala dunia U20 ini. Tercatat sudah ada tiga event besar olahraga yang akan di gelar di Indonesia pada tahun 2020 dan 2021 nanti. Setelah sebelumnya sirkuit mandalika di NTB yang akan menggelar MotoGP pada tahun 2021. Dan Jakarta yang juga akan mengelar balap jalan raya untuk turnamen balap mobil Formula E pada 2020.

Turmamen sepakbola piala dunia U20, memang tidak segemerlap turnamen FIFA World Cup yang berisikan pemain-pemain senior dari masing-masing negara peserta. Semoga saja kelak Indonesia bisa menjadi tuan rumah (tunggal) untuk menggelar FIFA World Cup.

Tapi opini revyou.id sendiri, saat ini tidak mengharapkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah kompetisi senior FIFA World Cup. Lho kenapa ? bukankah dengan menjadi tuan rumah FIFA World Cup maka Indonesia akan lolos otomatis sebagai tuan rumah dan bisa mengikuti turnamen olah raga paling bergengsi sedunia ?

Bukan apa-apa, kami khawatir timnas senior akan jadi bulan-bulanan tim-tim eropa macam jerman, belanda, spanyol dan italia. Atau jadi lumbung gol tim-tim amerika latin seperti brazil dan argentina. Mengingat prestasi timnas senior memang masih sangat buruk.

Kini harapan muncul dari timnas junior yang bisa mengimbangi tim-tim kuat dari asia bahkan eropa. Semoga saja dengan Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021. Bisa menjadi momentum kebangkitan sepakbola Indonesia Dan ajang berbenah PSSI.


Baca Juga :

 

 

Beri Komentar